Rabu, 04 November 2015

Tehnik Bordir Dalam Label Baju


Tehnik Bordir Dalam Label Baju – Bordir atau nama lainnya sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain dengan alat seperti jarum dan benang . Selain dengan bahan benang juga bisa menggunakan bahan lain seperti  potongan – potongan logam , ada juga mutiara , manik –manik , bahkan bulu burung .

Dari semua tehnik rajutan yang paling banyak dikenal adalah tehnik tusuk rantai , tusuk jelujur , tusuk kelim dan tusuk silam . Selain dengan tehnik manual menggunakan tangan bordir ada juga yang menggunakan mesin jahit dan juga Mesin Bordir Komputer . Dengan Mesin Bordir Komputer inilah tercipta yang namanya Label Woven Damask dengan Mesin Bordir ini Label Baju bisa cepat di buat dengan mudah .

Jenis – jenis kain dan benang berbeda – beda disetiap tempat atau negara . Dari jaman dahulu kala kain atau benang dari bahan wol , linen , dan sutra sudah pakai untuk dibuat menjadi sulaman , Selain bahan tadi sulam yang lebih moderen memakai benang sulam dari katun atau rayon.

Ada sulam lain dengan nama Sulam Pita , Sulaman tehnik ini dibuat menggunakan pita dengan berbagai macam ukuran dan bahan untuk membuat motif bunga . Pita ini bisa membuatefek 3 dimensi karana ukurannya yang lebih besar dari Benang .

Hasil Bordir atau sulam ada tiga macam yaitu
  • Sulam datar : Hasil dari sulaman rata dengan permukaan kain
  • Sulam terawang : hasilnya berlubang misalnya untuk taplak meja
  • Sulam timbul : hasilnya membentuk gelombang di permukaan kain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar